Kalo Pengen Punya Paha dan Bokong Seksi Lakukan Ini

Apakah kamu saat ini ada masuk klub kebugaran? Atau mungkin dulu pernah melakukannya? Kalo iya bisa jadi kami sedang memiliki tujuan atau target tertentu yang ingin dicapai terkait bentuk tubuh maupun kesehatan.

Tentu saja, karena berdasarkan survei yang umum dilakukan mereka yang pergi ke pusat kebugaran pasti memiliki setidaknya salah satu dari dua alasan yang sudah disebutkan diatas. Kemudian dari salah satu latihan pembentukan tubuh yang banyak dilakukan oleh penggiat pusat kebugaran adalah membentuk tubuh bagian bawah dan juga di bagian atas.

Untuk bagian atas meliputi contohnya lengan, dada dan bahu. Sedangkan pada tubuh bagian bawah akan meliputi, paha, pantat atau bokong dan perut.

Seorang instruktur sekaligus personal trainer yang saya kenal ada mengatakan bahwa selain untuk mengencangkan otot bagian bawah dan memperkuatnya, melakukan latihan rutin gerakan olahraga yang tepat bisa bantu mencegah timbulnya kram pada kaki yang sering membuat sakit bagian di kaki bawah.

Namun tentu saja kram kaki tersebut bisa terjadi pada orang yang sehat, apalagi selama atau setelah melakukan olahraga keras dengan kebutuhan pergerakan otot yang dinamis. Faktor lain yang berpengaruh adalah adanya aktifitas padat pada seseorang terutama wanita yang menyebabkan lelah di bagian kaki, terlebih bagi mereka yang sering menggunakan sepatu hak tinggi pasti bakal lebih terdampak.

Karena itu selain didera rasa capek juga rentan terjadi kram otot, utamanya bisa dialami di bagian pantat, paha dan kaki khususnya. Ada juga kasus kram pada otot kaki yang dialami oleh mereka yang sedang tidur, dan kram yang cukup menyakitkan ini kerap terjadi di otot kaki dan betis sehingga membuat kaki serta jari kaki menekuk secara refleks.

Cukup banyak tips dan cara yang bisa dilakukan untuk pencegahan kram pada kaki, seperti diantaranya melakukan pemanasan setiap hendak melakukan olahraga atau mau beraktifitas yang melibatkan otot.

olahraga bokong dan paha

Nah, di bawah ini ada beberapa gerakan untuk melatih otot pada kaki, pantat dan paha serta bagaimana secara alami mencegah terjadinya kram kaki. Karena dengan otot yang terlatih baik, bisa mengurangi resiko terkena kram yang menyakitkan itu.

  1. Squat

Lakukanlah posisi agak jongkok ke depan, buka kedua kaki secara lebar dan kedua tangan mu menyatu ke bagian dagu. Lalu tahan selama beberapa detik. Ulangi sampai kamu merasa capek.

  1. Lunges

Masih mengambil posisi yang sama dengan squat diatas, namun bedanya satu kaki ditarik ke belakang. Misalkan yang kanan duluan tarik ke belakang, lalu tahan beberapa detik dan gantian dengan kaki kiri. Lakukanlah beberapa kali sampai otot paha dan pantat mu terasa pegal.

  1. Hip Press

Posisikan dirimu dengan tidur terlentang dan kedua kaki ditekuk seraya tangan terbuka. Secara perlahan angkatlah satu kaki mu lurus ke atas sampai pantat dan pinggul terangkat. Lakukan gerakan ini secara bergantian dengan kiri maupun kanan.

  1. Hip Abductor

Utuk melakukan gerakan ini lakukan dengan berdiri kemudian kedua kakimu dibuka sedikit menyamping. Kemudian lakukan gerakan mengayunkan salah satu kaki melebar ke samping dan lakukan secara bergantian. Ulangi sampai semua otot tubuhmu terasa berkontraksi dan cukup lelah untuk melanjutkan.

  1. Peregangan & Rileksasi

Untuk langkah selanjutnya adalah lakukan peregangan dan gerakan relaksasi, dengan gerakan bebas. Manfaat dari peregangan secara teratur bisa bantu mencegah kram otot pada kaki. Selain itu dengan melakukan peregangan maka bisa memanjangkan serat otot serta membantu untuk menjaga fungsi serat otot yang sehat.

Nah, itulah tadi beberapa gerakan latihan yang sederhana guna meningkatkan kemampuan otot paha dan pantatmu agar lebih kencang, sehat membentuk pantat indah sekaligus mencegah terjadinya kram dengan melakukan peregangan yang baik. Semoga bermanfaat untukmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *